Apa itu FRETTING?

Agung Wiendarto – MechanicalSeal e-Learning Indonesia
mechanicalseal [at] gmail.com

Lisensi Dokumen:
Copyright © 2005-2011 MechanicalSeal.Wordpress.Com
Seluruh dokumen di MechanicalSeal.Wordpress.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari MechanicalSeal.Wordpress.Com

Jika anda berkesempatan membongkar sebuah lip seal atau grease seal (seal karet yang terletak di dekat bearing) anda akan melihat di shaft ada lekukan dibawah bibir karet. Anda akan melihat hal yang sama di tempat-tempat berikut:

  • Pada shaft sleeve dibawah glandpacking, jika anda masih memakai packing di pompa-pompa anda.
  • Pada shaft sleeve di bawah ring Teflon® (atau biasa disebut Teflon® Wedge), Ring-ring berbentuk ‘U‘ maupun ‘V’ pada equipment yang sejak awal memakai mechanicalseal.
  • Di sisi dalam o-ring bagian per / spring mechanicalseal, baik tipe single maupun double.
  • Dibawah bellows karet pada tipe elastomer bellows, jika karet bellows ternyata tidak menyatu dengan shaft.

Kerusakan shat atau sleeve ini disebut FRETTING dan akan menyebabkan beberapa masalah.

Berikut ini masalah-masalah yang terjadi akibat fretting:

  • Penggantian Sleeve.
  • Bearing pompa sering ikut rusak saat proses pembongkaran shaft/shaft sleeve yang rusak.
  • Diameter shaft dikurangi untuk mengakomodasi keausan. Pengurangan ini akan melemahkan shaft dan meningkatkan angka L3/D4 , serta menyebabkan masalah defleksi shaft.
  • MechanicalSeal bisa macet pada lekukan ini dan menyebabkan terbukanya celah contactface.
  • Lekukan ini akan menambah jalur kebocoran dan termasuk penyebab utama kegagalan mechanicalseal.

Apa yang menyebabkan masalah fretting? Bagaimana bisa sebuah karet yang lunak atau sekeping Teflon® wedge mampu menggerus shaft? Sepertinya tidak masuk akal, bukan?

Sangatlah mengejutkan bahwa hal ini tetap akan terjadi sekalipun Anda memompa cairan bersih di atmosfir yang steril.

Untuk memahami fretting, Anda pahami dahulu pengertian “tahan korosi”. Sebagaian material tahan korosi dan sebagian lagi tidak. Apa bedanya? Kita bilang besi itu karatan, sedangkan aluminium teroksidasi. Di kamus, terminologi keduanya memiliki arti yang sama. Jadi mengapa kita gunakan terminologi yang berbeda untuk hal yang sama?

Jawabnya ada pada bagaimana suatu logam itu mengalami proses karat atau proses oksidasi. Jika lapisan oksidasinya bersifat melindungi, kita nyatakan bahwa material tersebut tahan korosi. Ambil contoh aluminium:

  • Aluminum melindungi dirinya sendiri dengan membentuk suatu lapisan aluminum oksida pada permukaannya saat bersentuhan dengan oksigen. Ini bisa dilihat dengan penampakan warna seolah putih.
  • Nama umum lain dari Aluminium Oksida adalah Ceramic, material yang padat, keras dan tahan korosi.

Setelah lapisan padat ini terbentuk di permukaan aluminium, proses oksidasi atau terbentuknya karat menjadi lambat hingga kurang dari 0.002inch (0,05mm) per tahun dan inilah definisi dari tahan korosi.

Andai lapisan pelindung oksida ini terkelupas oleh packing, lipseal atau Teflon® wedge, oksida akan segera terbentuk kembali untuk melindungi material dasar. Proses terkelupas dan terbentuk kembali yang berulang inilah yang membuat lekukan jadi terlihat jelas pada shaft atau shaftsleeve. Anda juga akan mendapati proses yang sama saat memoles perak

Getaran shaft menyebabkan pergerakan axial pada shaft hingga melewati o-ring karet dinamis atau Teflon® wedge. Bearing grease seal dan ruang penempatan packing bersifat stationer (diam), sehingga shaft yang berputar akan secara konstan seperti dipoles saat pompa beroperasi.

Ada juga masalah lainnya sehubungan dengan fretting. Prtikel Ceramic Oksida yang menempel pada karet o-ring membuatnya seperti gerinda yang mempercepat keausan material dasar.

Stainless steel melindungi dirinya sendiri dengan membentuk oksida pelindung yang disebut Chrome Oksida, salah satu dari unsur ceramic paling keras. Jika Chrome oksida yang terkelupas menyatu dengan packing, Teflon®, atau rubber, akan menyebabkan kerusakan jauh lebih parah pada shaft sleeve.

Sekarang kita mengetahui penyebab fretting, yakni:

  • Terkelupasnya lapisan pelindung yang disebabkan gerakan o-ring atau Teflon® wedge.
  • Menyatunya partikel kelupasan pada o-ring atau Teflon® hingga membuatnya seperti gerinda dan makin menyebabkan keausan.

Apa solusinya?

  • Gantilah bearing lip atau grease seals dengan tipe labyrinth baru. MechanicalSeal adalah pilihan terbaik.
  • Stop pemakaian packing pada pompa-pompa anda. Anda tidak memerlukan kebocoran standard seperti itu. Jika terpaksa, gunakan shaft dan shaft sleeve yang diperkeras. Bisa dengan pelapisan coating ceramic atau teknik lainnya.
  • Jangan pakai mechanicalseals yang tipenya memiliki sebuah elastomer dinamis yang terletak pada shaft atau sleeve. Sebagian besar MechanicalSeal terpasang pada equipment biasanya ber tipe ini.
  • Gunakan Cartridge Mechanical Seal.

Catatan kaki:

Teflon® adalah merek terdaftar milik DuPont Dow elastomer.

Diskusi

2 thoughts on “Apa itu FRETTING?

  1. Saya di mechanical seal masih baru, bukan faktor kebetulan saya rasa pas ingin mencari artikel di internet akhirnya saya menemukan halaman ini dan saya interest untuk menanggapi mengenai masalah “fretting” pada shaft atau “groove”. saya setuju sekali dengan apa yang telah dijelaskan diatas tentang penyebab fretting pada shaft yang salah satunya karena lip seal. sebab pada putaran shaft yang tinggi maka lip seal lama-lama akan mengeras..dsb. rata-rata lip seal hanya berumur 3 bulan atau kurang. apabila masalah anda di lip seal dan bisa merusak equipment yang lain kemudian anda ganti lip seal lagi hal itu tidak menyelasaikan masalah. Harusnya anda perlu up grade dengan perangkat lain…

    Posted by Doni | November 24, 2008, 11:42 am

Pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Komputer kantor tidak ada fasilitas browsing internet? Cukup klik untuk terima notifikasi dari website MechanicalSeal Indonesia kapanpun juga.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya

Jumlah Kunjungan

  • 119,359 hits
%d blogger menyukai ini: