Dimana sih posisi MechanicalSeal di pompa?

Agung Wiendarto – MechanicalSeal Indonesia
mechanicalseal [at] gmail.com

Lisensi Dokumen:
Copyright © 2005-2011 MechanicalSeal.Wordpress.Com
Seluruh dokumen di MechanicalSeal.Wordpress.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari MechanicalSeal.Wordpress.Com

Halaman ini dipersembahkan bagi yang baru mengenal MechanicalSeal,teman-teman di Gudang, teman-teman di Purchasing / Procurement.

Sebuah kalimat, “Photos mean thousands words..” dan sesungguhnyalah, gambar maupun foto akan berbicara jauh lebih baik. Apalagi situs ini juga memiliki keterbatasan perbendaharaan kata.. Maka mari kita lihat gambar dan foto.

Berikut ini adalah gambar 2 dimensi sebuah pompa (pump drawing),

pump drawing
Silakan lihat bagian berwarna merah. Itu adalah MechanicalSeal. Tanpanya, fluida dan gas yang disedot dari sisi kiri dan naik ke atas akan mengocor keluar.

Loh kok ada dua? Atas dan bawah? Pada gambar teknik, yang kita lihat sebenarnya adalah gambar irisan tampak samping. Benda apapun yang berbentuk silinder dalam posisi horisontal, bila diiris pas ditengah, maka akan terlihat sebagai 2 bagian; atas dan bawah. Misalnya, gelas.

Pompa yang gambarnya telah anda lihat, difoto dan hasilnya seperti di bawah ini:

foto pompa yang sama

MechanicalSeal pada foto, berwarna kilap stainless steel. Tipe MechanicalSeal yang anda lihat adalah tipe Cartridge MechanicalSeal.

Ruang dimana MechanicalSeal berada dinamakan Stuffing Box. Arti harfiahnya mungkin sudah menjelaskan, yakni ruang penempatan. Dimana posisi stuffing box pada pompa diatas? Nah untuk lebih jelasnya, silakan periksa gambar berikut:

sb1

Gambar pompa di cropping sehingga di dapat gambar casing plate. Silakan lihat bagian berwarna abu-abu.

Di lapangan, pompa tersebut dibongkar dan bagian yang berwarna abu-abu pada gambar difoto. Berikut fotonya:

sb

Seorang Engineer MechanicalSeal dalam memilih tipe yang sesuai dengan pompa dan aplikasinya, pertama-tama akan mengambil data StuffingBox. Data apa saja yang diambil atau diukur? Silakan lihat gambar berikut:

datadimm
Nah Sahabat, setelah membaca artikel ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, Anda telah mempelajari:

  1. Posisi MechanicalSeal.
  2. Fungsi MechanicalSeal.
  3. Drawing Teknik dibandingkan dengan equipment aslinya.
  4. Data yang diperlukan untuk memilih MechanicalSeal berdasarkan dimensi.

Semoga Bermanfaat.

Komentar ditutup.

Komputer kantor tidak ada fasilitas browsing internet? Cukup klik untuk terima notifikasi dari website MechanicalSeal Indonesia kapanpun juga.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya

Jumlah Kunjungan

  • 119,359 hits
%d blogger menyukai ini: